Bantuan PPATK Dikerahkan Untuk Memburu Dana Jaringan Freddy Budiman



Aliran dana yang mencurigakan ditemukan pada jaringan sesama bandar Freddy Budiman. Hal ini diungkapkan oleh Agus Santoso selaku Wakil Kepala PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan). Setuam ini bukan barang baru yang telah ditemukan sejak 2 tahun lalu, sebut Agus.

Kepastian juga diungkapkan oleh Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar selaku Kepala Divisi Humas Polri mengenai investigasi yang sedang dilakukan oleh Tim Independen kepolisian atas dugaan terhadap aparat Polri dalam jaringan Freddy yang terlibat dalam permintaan aliran dana ke PPATK.

Kepada Kompas pada Kamis (11/8) lalu, Agus mengatakan, “Ada beberapa kasusnya. Penyidik narkoba sudah tahu. Yang baru ini diserahkan April (tahun ini) ke BNN.”

Perputaran transaksi mencurigakan seesar Rp 3,1 Triliun dari satu rekening ke rekening lain ditemukan PPATK.
Tapi, hal itu tidak dapat dipastikan oleh Agus mengenai kepastian transaksi yang berhubungan dengan peredaran narkoba dan beberapa oknum tertentu yang terlibat.

Tapi ada satu hal yang jelas, nama Freddy merupakan pemilik jaringan tersebut dimana di dalamnya terdapat anggota yang berisikan nama-nama pemberi dan penerima aliran dana tersebut.

Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar selaku Kepala Divisi Humas Polri kemudian menambahkan, “Soal aliran dana, baru ramai di media, datanya kami belum terima. Kami mau jemput ke PPATK, dan dimintakan apakah benar ada data terkait Freddy? Aliran dana ke siapa saja? Ini juga kami mau tahu.”

Memang pemeriksaan sempat dilakukan 2 hari lalu oleh Tim Investigasi Polri terhadap 4 anggota Direktorat Narkoba Polda Jaya yang semuanya merupakan para penyidik termasuk beberapa anggota yang menangkap Freddy Budiman pada 2012 lalu serta memberikan penanganan atas berkas perihal narkoba dan gembong narkoba tersebut sampai ke pengadilan.

Pemeriksaan juga turut didampingi Kombes John Turman Panjaitan yang merupakan Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya yang tidak menampik anak buahnya mengenai aliran dana tersebut. “Aliran dana, tentu itu ditanyai.

Hasilnya silahkan tanya ke tim, itu kan materi pemeriksaan,” ujarnya.

“Segala yang mereka minta kami penuhi, berkas perkara pun kami berikan kopiannya,” John menambahkan mengenai beberapa permintaan dari Tim Investigasi Polri dengan dipenuhi oleh pihaknya, semisal melakukan permintaan berkas perkara terhadap Freddy.

Share on Google Plus

About Pesan Dunia

0 komentar:

Post a Comment