Palestina ‘Menghilang’ di Google Maps, Sabotase dari Google?

palestina hilang di maps google,





Google mendapat kritikan tajam, sementara forum Jurnalis Palesnita mengecam keras Goole. Bukan tanpa alasan, publik dibuat heboh dengan ‘menghilangnya’ Palestina dari peta Google atau lebih akrab dengan sebutan Google Maps. Alih-alih Palestina, saat mengetikkan kata kunci tersebut di pencarian Google Maps, yang muncul malah Israel.

Usut punya usut, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh forum Jurnalis Palestina, keputusan ‘sepihak’ Google itu merupakan bagian dari skema Israel, yang akhirnya berujung pada penghapusan nama Palestina pada 25 Juli lalu.

Berikut pernyataan tersebut seperti dikutip oleh Middle East Mirror;


“Keputusan Google menghapus Palestina dari peta adalah bagian dari skema Israel untuk menjadi negara terlegimitasi bagi generasi masa depannya dan menghapus Palestina.”
“Ini merupakan skema untuk membumikan nama Israel sebagai negara yang sah untuk generasi mendatang dan menghapus nama Palestina untuk selamanya,” lanjutnya.

Forum tersebut meyakini, bahwa langkah itu merupakan upaya pemalsuan geografi keberadaan beserta sejarah dan hak tanah Palestina, yang memang sangat kontras dengan norma dan konvensi internasional mana pun.

Forum Jurnalis Palestina menilai Google telah gagal membuat perubahan dan kepalsuan mengenai sejarah Palestina dan Arab di mata dunia, mereka pun menuntut Goggle untuk mengembalikan Palestina lagi seperti semula.
“Langkah ini merupakan kegagalan untuk merusak memori rakyat Palestina, Arab dan dunia,” tambahnya lagi.
Kini, Palestina telah ‘lenyap’ di Google Maps, keberadaannya telah hilang, yang mana saat kita mengetikkan kata kunci Palestina di pencarian, yang muncul malah Yarussalem dan Gaza.

Terlepas dari Palestina, Google memang tahu segalanya..

Reaksi beragam bermunculan terkait aksi penghapusan Palestina dari Google Maps oleh Google pada 25 Juli 2016 lalu. Buntutnya, situs change.org membuka petisi untuk menuntut Google mengembalikan atas apa yang telah menjadi hak Palestina, yakni kembali membuat Palestina ‘hadir’ di peta dunia milik Google.

Kritikan yang luas ditujukan kepada Google terkait kebijakan sepihaknya itu. Ada sindiran terhadap perusahaan search engine di dunia yang telah menghapus keberadaan Plestina yang diutarakan oleh salah satu pemilik akun Twitter @satriobiru, yaitu Muhammad Satrio. Berikut tweetnya;

“Google knows everything, except Palestine. Soo sad!”

Bila diartikan, kalimat tersebut berarti ‘Google tahu segalanya, kecuali Palestina. Sedih sekali!’.
Pemilik akun twitter lain atas nama Mohammed Ismail dengan akunnya @mohammedzismail turut menyindir dengan tweet; “#Palestine recognised at #RioOlympics2016 but not on Google Maps.” Artinya; ‘Palestina dikenali di Olimpiade Rio de Janero 2016, namun tidak di Google Maps’.

Sejarah Perusahaan Google

Google Inc. Adalah sebuah perusahaan asal negeri Paman Sam yang bergerak di bidang jasa dan produk internet mulai dari teknologi pencarian, perangkat lunak, komputasi web, hingga iklan daring. AdWords menyimpan sebagian besar keuntungannya dari bisnisnya tersebut.

Saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google dengan memegang saham perusahaan sebesar 16%. Kemudian terhitung tanggal 4 September 1998 Google dijadikannya sebagai perusahaan swasta. Lebih dari 1 juta server di seluruh dunia, lebih dari 1 milyar kueri pencarian, dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna per hari dijalankan perusahaan ini. Hingga Google menyandang predikat sebagai kebutuhan informasi primer untuk manusia modern saat ini.

Namun sayangnya, prestasi luar biasanya itu seakan dinodai oleh ulah kontroversialnya sendiri saat mereka menghapus Palestina dari peta pada 25 Juli lalu. Sontak peristiwa ini mengundang protes dai berbagai pihak, terutama forum jurnalis Palestina yang marah besar dan mengecam keras atas tindakan Google itu. Mirisnya, nama Israel justru muncul menggantikan wilayah Palestina di Google Maps.

Apakah Palestina akan dikembalikan di Google Maps? Petisi telah dilayangkan untuk menuntut Google dan sampai saat ini telah didukung oleh puluhan ribu orang.

Sebuah petisi dilayangkan untuk menuntut Google mengambalikan Palestina di peta. Dan banyak pihak yang mendukung dengan jumlah dukungan lebih dari 55 ribu orang yang telah
 menandatangani petisi daring melalui situs change.org.

Petisi tersebut didasari dari sikap tidak manusiawi Google yang merenggut hak dan keberadaan Palestina di dunia. Petisi daring tersebut bertajuk “Google: Put Palestine On Your Maps!”.
Tak hanya itu, banyak pihak yang juga merasakan adanya penghinaan terhadap Palestina atas tindakan Google tersebut, seolah mereka melibatkan diri kedalam konflik permusuhan Palestina-Israel yang tak kunjung usai.

Hal tersebut menjadi kekhawatiran banyak orang  karena dapat menjadi pemicu instabilitas politik dunia dan geografi beserta sejarah Palestina yang diputarbalikkan. Miris!

COMMENTS

Name

bulutangkis,2,Feature,2,Galeri,3,Hot,15,Hukum,3,INTERNASIONAL,26,Jelajah,6,Karir,1,Kesehatan,15,Life Style,16,NASIONAL,18,NEWS,19,Olahraga,15,Relationship,1,Sepakbola,3,Teknologi,19,
ltr
item
Pesan Dunia: Palestina ‘Menghilang’ di Google Maps, Sabotase dari Google?
Palestina ‘Menghilang’ di Google Maps, Sabotase dari Google?
palestina hilang di maps google,
https://1.bp.blogspot.com/-ReNeto7HwNA/V6gBNfSMhWI/AAAAAAAAAFs/vbwsstHPmIkAmMzS882854ty_5RP62b3QCLcB/s1600/8.%2BPalestina%2BMenghilang%2Bdi%2BGoogle%2BMaps%2BSabotase%2Bdari%2BGoogle.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ReNeto7HwNA/V6gBNfSMhWI/AAAAAAAAAFs/vbwsstHPmIkAmMzS882854ty_5RP62b3QCLcB/s72-c/8.%2BPalestina%2BMenghilang%2Bdi%2BGoogle%2BMaps%2BSabotase%2Bdari%2BGoogle.jpg
Pesan Dunia
http://www.pesandunia.com/2016/08/palestina-menghilang-di-google-maps.html
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/2016/08/palestina-menghilang-di-google-maps.html
true
2704514124821740540
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy