Tips-Tips Mengajarkan Anak Semangat Belajar



Orang tua di seluruh dunia ini sudah pasti sangat menginginkan anaknya pandai atau pintar. Maka dari itu peran orang tua adalah peran terpenting untuk membina kepandaian anak.

Jika anda sering mengeluh "Kenapa anak saya jarang sekali belajar, bahkan hampir tidak pernah" Nah, apakah anda akan membiarkannya? Pastinya tidak, karena naluri seorang orang tua adalah ingin mengsukseskan anaknya dikemudian hari.

Untuk melakukannya anda sebagai orang tua harus membina anak anda agar kecerdasannya terlatih sejak se-dini mungkin.

Secara tidak sadar anda sudah membina kecerdasan anak anda ketika ia sudah kurang lebih 6 bulan, ketika ia sedang menggigit-gigit benda, lalu anda katakan "Jangan nak, itu gak boleh dimakan". Itu adalah binaan secara spontan oleh anda selaku orang tua.

Nah, semakin lama umur anak anda semakin besar, binaan-binaan mungkin jarang didengar oleh anak anda, maka dari itu anda harus mengikuti 5 cara agar anak anda semangat belajar.

1. Berikan penjelasan akan pentingnya belajar kepada anak anda
Dengan memberikan penjelasan mengenai pentingnya belajar kepada anak, mungkin secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran anak anda, dan ia akan terasa dimotivasi oleh orangtuanya, dan akhirnya pasti muncul rasa semangat belajar di anak.

2. Buatlah suasana belajar senyaman mungkin
Nah, jika anda orang tua yang memiliki anak yang berumur sekitar 7-10 tahun, maka anda wajib membuat suasana belajar senyaman mungkin, terserah bagaimana anda mengakalinya, dan yang paling terpenting adalah jangan membuat bosan anak anda ketika sedang belajar.

Anda bisa mengajaknya bermain sambil belajar, seperti memberikan permainan hitung-hitungan kepada anak anda.

3. Berilah suatu penghargaan atas keberhasilan yang ia capai
Yang ketiga dan terakhir yaitu anda harus memberikan hadiah atau penghargaan ketika ia sudah memberikan hasil yang terbaik kepada anda, anda bisa memberinya pujian atau pun hadiah. Anda tidak boleh ragu-ragu bahkan pelit untuk memberikannya sebuah pujian atau hadiah, karena ketika anda memberikannya penghargaan, maka anak anda akan termotivasi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan kembali.

Namun ingat juga, anda juga harus memilih mana hadiah yang cocok untuk diberikan kepada anak anda. Jangan sampai anak anda meminta hadiah yang lebih besar, ataupun kecewa dengan apa yang diberikan oleh anda kepadanya. Usahakan beri dia barang yang dia suka, entah itu mainan, boneka, dll. Lebih bagus lagi jika anda memberikan hadiah kepadanya yang ada hubungannya dengan pembelajaran, bisa-bisa anak anda menjadi lebih semangat belajar lagi.

Bagaimana, apakah anda sudah memutuskan akan menggunakan 3 cara tadi untuk meningkatkan rasa semangat belajar kepada anak anda? Jika ya, maka lakukanlah cara tadi dengan baik dan benar, jangan sampai anda salah langkah.
Share on Google Plus

About Pesan Dunia

0 komentar:

Post a Comment