Tokoh Propaganda ISIS Tewas di Aleppo



Abu Muhammad al-Adnani yang lahir dengan nama Taha Subhi Falaha, salah satu pemimpin besar dari anggota ISIS dikabarkan tewas terbunuh dalam serangan udara yang dilancarkan AS pada 30 agustus 2016, tepatnya di provinsi Aleppo, Suriah Utara.

Al-Adnani merupakan salah satu pemimpin paling penting dan paling senior dalam kelompok ini. Dia juga dianggap sebagai seorang yang paling bertanggung jawab dalam aksi serangan yang di lacarkan kelompok ini di luar negeri. 

Tidak hanya menjadi Juru Bicara, Al-Adnani juga pernah menjadi seorang komandan Utama Abu Bakr Al-Baghdadi. Sebagai kepala operasi eksternal, dia memimpin serangan ISIS di luar negeri, termasuk di Eropa, yang berubah menjadi taktik sangat penting ISIS karena daerah-daerah kekuasaannya di Irak dan Suriah satu per satu jatuh ke tangan lawan.

Dilansir dari Antaranews, Seorang pejabat kontraterorisme AS yang memonitoring kegiatan ISIS mengatakan bahwa kematian Adnani ini para militan ISIS akan mengalami dehidrasi, termasuk di luar negeri. Karena selama ini di bawah kepemimpinan Adnani, ISIS melancarkan serangan besar-besaran dengan pemboman dan penembakan warga sipil di luar negeri, termasuk di Prancis, Belgia dan Turki.

Peran Adnani dinilai sangat fatal dalam propaganda yang dilancarkannya melalui media online untuk perekrutan para anggota, selain  memberikan perintah dan menginspirasi serangan.

Kantor berita ISIS, Amaq, mewartakan bahwa Adnani terbunuh "selagi mensurvei operasi-operasi untuk menangkal serangan militer ke Aleppo." ISIS menguasai Provinsi Aleppo, tapi kota Aleppo sendiri tidak dikuasainya karena di sini terjadi perang sengit antara pemberontak melawan pemerintah Suriah.

ISIS memandang Aleppo sebagai daerah strategis nan penting karena di sinilah terdapat Dabiq yang dalam beberapa pemahaman Islam menjadi tempat berlangsungnya pertarungan terakhir antara muslim melawan kafir terjadi yang menandai akhir zaman.
Share on Google Plus

About Pesan Dunia

0 komentar:

Post a Comment