Kirab Api PON XIX/2016 Pecahkan Rekor


Setelah menempuh jarak 1.005,4 kilometer, Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang sebelumnya melalui 26 kabupaten/kota di Jawa Barat ini  akhirnya tiba di Lapangan Gasibu Bandung pada ju'mat petang.

Sekitar pukul empat sore, pembawa obor API PON XIX Atlet Ricky Subagdja diiringi oleh atlet senior Bulu tangkis Iie Sumirat tiba dari Balai Kota Bandung dan kemudian obor tersebut diserahkan kepada Ketua Umum PB PON XIX/2016 Ahmad Heryawan.

Obor api PON XIX tersebut diinapkan selama satu hari di salah satu sudut Lapangan Gasibu atau dekat dengan Gedung Sate Bandung, sebelum akhirnya dibawa ke lokasi Upacara Pembukaan PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Alhamdulillah api PON sudah sampai pada titik akhir di sini. Setelah menempuh pejalanan 26 kabupaten/kota dengan jarak tempuh sepanjang 1004,5 kilometer. Ini adalah jarak terpanjang perjalanan api PON," kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan seperti yang dikutip dari Antara.

Kirab Obor PON XIX ini merupakan kirab dengan terpanjang sepanjang sejarah PON yang terselenggara di Indonesia.

Dilansir dari republika, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, akan mendaftarkan jarak pengarakan api pon itu ke rekor MURI. Total, api PON Jabar menempuh perjalanan selama 12 hari. “Jarak tempuh sepanjang 1004,5 kilometer. Ini adalah jarak terpanjang perjalanan api PON,” kata Heryawan.
Share on Google Plus

About Pesan Dunia

0 komentar:

Post a Comment