Selamat Ulang Tahun Google Ke-18!


Tepatnya 27 September 2016, Google merayakan ulang tahunnya yang ke-18. Doodle hari inipun bertema peringatan ulang tahun di mesin pencarian terbesar didunia ini.

Di halaman mesin pencarian paling populer Google meriah dengan balon dan dekorasi ulang tahun berwana-warni.  Balon ulang tahun berwarna hijau membentuk logo Google.

Sebenarnya dokumen terbentuknya korporasi Google di California ditandatangani pada 4 September 1998. Namun tanggal ini tidak pernah dirayakan sebagai hari ulang tahun Google. 

Google sendiri sempat merayakan ulang tahun di tanggal yang berbeda-beda. Beberapa tanggal yang pernah dipakai antara lain 8 September dan 26 September. Sejak 2012, ulang tahun Google dirayakan pada 27 September.

Sebenarnya kapan ulangtahun Google?
"Saya bahkan tidak yakin, kapan ulang tahunnya." tulis Pemimpin Tim Doodle Ryan Germick pada 2013.

Ia mengatakan, ada beberapa opini tentang kapan hari ulang tahun Google ini. Pada kenyataannya, gambar Google yang pertama diunggah jauh sebelum perusahaan ini terbentuk. Google doodle yang pertama diunggah pada 30 Agustus 1998, merayakan Burning Man Festival.

Jika menghitung Google berumur 18 tahun, maka Google mengakui tahun 1998 sebagai tahun kelahirannya. Tahun itu memang tahun yang bersejarah bagi Google. Dilansir dari Independent.co.uk, pada Agustus 1998, Google menerima dana investasinya yang pertama sebesar 100.000 Dollar AS. Sebulan setelahnya, Google mencatatkan dokumen resmi sebagai peruusahaan di California. 

Selama September itu, Google sibuk mempersiapkan diri dengan membuka ruang kerjanya yang pertama di sebuah garasi dan membayar seorang karyawan. Barangkali itu pula yang membuat Google bingung tanggal apa yang dinilai paling bersejarah untuk disebut sebagai hari lahir. Oleh karenanya ada banyak tanggal di bulan September yang sempat dirayakan sebagai hari ulang tahun.

Selamat ulang tahun Google!
Share on Google Plus

About Pesan Dunia

0 komentar:

Post a Comment