Gaza dan Tepi Barat, Penderitaan yang Tak Pernah Usai

Dewan PBB bahkan menyebutkan kondisi warga yang tinggal di Gaza makin hari kian memprihatinkan. Hal ini terutama terjadi dalam kurun waktu pemerintahan Hamas dan blokade yang dilakukan oleh Mesir dan Israel.

PesanDunia - Pertikaian panjang antara Israel dan Palestina seakan tak pernah usai. Salah satu wilayah yang mengalami dampak terparah adalah Jalur Gaza. Kawasan Palestina yang sangat sempit ini sejak lama telah menjadi ajang peperangan terbuka antara kedua belah pihak. Palestina terdiri atas dua wilayah, yaitu Tepi Barat yang lebih dekat ke arah Israel, dan Jalur Gaza.

Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan menyebutkan kondisi warga yang tinggal di Gaza makin hari kian memprihatinkan. Hal ini terutama terjadi dalam kurun waktu pemerintahan Hamas dan blokade yang dilakukan oleh Mesir dan Israel. Dikutip oleh Fox News, Rabu (12/7), pada tahun 2012 yang lalu PBB telah menyatakan bahwa kemungkinan besar Gaza tidak akan dapat ditinggali lagi di tahun 2020. Hal ini mengacu pada semakin memburuknya kondisi Gaza dari waktu ke waktu.

Seperti diketahui, pasukan Hamas merebut Gaza dari pasukan yang loyal kepada presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dalam pemilu yang dilakukan tahun 2007 yang lalu. Sejak itu, Israel dan Mesir memblokade wilayah tersebut dengan tujuan untuk menghalangi gerakan pasukan Hamaz dan mencegah mereka mendapatkan pasokan senjata. Hal ini secara otomatis telah mengakibatkan akses menuju ke sana sangat terbatas.  
Penumpukan militer di Gaza baik oleh pasukan Hamas maupun kelompok-kelompok militan lainnya telah membawa dampak buruk pada wilayah ini secara terus menerus. Tak hanya konsentrasi  kelompok bersenjata yang terus bertambah, dilaporkan juga bahwa telah dilakukan penumpukan roket dan persenjataan lainnya. Tak hanya itu, beberapa sumber lain mengatakan bahwa telah dibangun sebuah terowongan rahasia yang digunakan para tentara Hamas untuk melakukan penculikan dan serangan teror di wilayah Israel. Meski demikian, tidak ada tanggapan resmi dari Hamas terkait hal ini.

Penderitaan warga Gaza tak berhenti sampai di situ. Sejak diblokade, pasokan makanan hingga air bersih dan listrik pun semakin menipis. Tak heran, warga kerap dicekam rasa takut dan cemas yang mengkhawatirkan. Anak-anak tumbuh dalam kenangan buruk dan ketakutan yang mendalam. Sebagian besar warga yang tersisa pun kebanyakan tidak produktif alias tak memiliki pekerjaan.

Tak hanya Gaza yang mencekam, saat ini muncul ketegangan baru antara Israel dengan Palestina terkait keputusan UNESCO yang menetapkan kota tua Hebron, Tepi Barat, sebagai situs Warisan Dunia milik Palestina. Pihak Israel menilai keputusan ini sangat tidak masuk akal dan melukai warganya. Dilansir oleh Al Araby, Sabtu (8/7/2017), PM Israel, Benyamin Netanyahu, menyebut keputusan tersebut sebagai sesuatu hal yang sangat tidak rasional mengingat hubungan yang mendalam antara Yahudi dan kota tua Hebron.

Baik Yahudi maupun kelompok Muslim memiliki sejarah panjang terkait kota tua ini. Hebron diyakini sebagai tempat pemakaman tradisional nenek moyang dan matriark Alkitab orang Yahudi. Sedangkan umat Islam menyebutnya dengan Masjid Ibrahim.

Di lain pihak, Palestina menyambut baik keputusan ini dan menyatakan hal ini sebagai perkembangan yang sangat baik, karena menekankan bahwa Hebron dan Masjid Ibrahim memang secara historis memiliki keterkaitan yang erat di kalangan masyarakat Palestina. Demikian dikatakan oleh Menteri Pariwisata Palestina, Rula Maayah.

Sementara itu, dua orang warga Palestina dilaporkan tewas tertembak oleh militer Israel dalam sebuah patroli yang digelar di kamp pengungsian di Tepi Barat yang mereka duduki. Tempat itu dihuni oleh ratusan warga sipil. 
Pihak Palestina mengatakan korban tewas masing-masing berusia 21 dan 16 tahun. Selain itu, masih ada seorang korban yang terluka di bagian kaki. Seorang saksi mata yang tinggal di kamp pengungsian tersebut mengatakan, tidak ada serangan bersenjata yang mereka lakukan. Yang ada adalah insiden pelemparan batu kepada militer Israel yang sedang berpatroli. Dikabarkan, kedua korban membuntuti mobil jip militer Israel dan melemparkan batu ke arahnya. Hal tersebut langsung disikapi dengan serentetan tembakan yang menewaskan keduanya.

Insiden yang terjadi menjelang subuh itu, semakin memperpanjang daftar korban dari rakyat sipil yang seharusnya terlindung di tempat pengungsian. Meski demikian, pihak Israel menyanggah telah menyerang warga sipil dan mengatakan bahwa tentara merekalah yang diserang. Tentara Israel mengklaim tembakan tersebut adalah upaya untuk membela diri. Mereka juga menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa di pihak Israel.

Dalam pernyataan resminya, militer Israel menyatakan bahwa selama operasi yang dilakukan oleh IDF (Pasukan Pertahanan Israel), di kamp-kamp pengungsian, telah sering terjadi insiden penyerangan yang diarahkan kepada mereka.  Orang-orang bersenjata Palestina menembaki tentara militer Israel dan tak jarang melempari mereka dengan alat peledak. Seperti dilansir oleh Reuters, Rabu (12/7/2017), pihak Israel menekankan bahwa tindakan yang dilakukan tentara mereka adalah murni untuk menanggapi serangan musuh.

Sumber gambar : 
socialistunity.com
independent.co.uk
un.org

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

bulutangkis,2,Feature,2,Galeri,3,Hot,14,Hukum,3,INTERNASIONAL,23,Jelajah,6,Karir,1,Kesehatan,13,Life Style,16,NASIONAL,16,NEWS,19,Olahraga,12,Relationship,1,Sepakbola,3,Teknologi,17,
ltr
item
Pesan Dunia: Gaza dan Tepi Barat, Penderitaan yang Tak Pernah Usai
Gaza dan Tepi Barat, Penderitaan yang Tak Pernah Usai
Dewan PBB bahkan menyebutkan kondisi warga yang tinggal di Gaza makin hari kian memprihatinkan. Hal ini terutama terjadi dalam kurun waktu pemerintahan Hamas dan blokade yang dilakukan oleh Mesir dan Israel.
https://3.bp.blogspot.com/-tOl-Uv6bjtQ/WWmu4HncW4I/AAAAAAAAAmo/WsD9WkNzcUMcrhKZnGdkAEpngCCE6Km7wCLcBGAs/s640/GAza%2BAttact.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-tOl-Uv6bjtQ/WWmu4HncW4I/AAAAAAAAAmo/WsD9WkNzcUMcrhKZnGdkAEpngCCE6Km7wCLcBGAs/s72-c/GAza%2BAttact.jpg
Pesan Dunia
http://www.pesandunia.com/2017/07/gaza-dan-tepi-barat-penderitaan-yang.html
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/2017/07/gaza-dan-tepi-barat-penderitaan-yang.html
true
2704514124821740540
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy