Hoax? No Way! Berikut Cara Mudah Perangi Berita Hoax

Sebagai pembaca dan warga negara Indonesia yang baik, sudah seharusnya kita juga berperan aktif dalam memerangi berita hoax.


Penyebaran berita hoax alias palsu akhir-akhir ini menjadi salah satu isu penting dalam masyarakat kita. Hal ini menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia dan para penggiat anti-hoax di tanah air. Jika konten-konten bernada negatif yang tidak jelas sumbernya ini terus tersebar secara luas, akan sangat mungkin meresahkan masyarakat dan memecah belah persatuan negara.

Makin berkembangnya teknologi menjadi salah satu pemicu maraknya penyebaran berita hoax di internet. Tingginya aktivitas masyarakat di berbagai media sosial dan mudahnya akses berita melalui media daring, membuat pihak-pihak yang tak bertanggung jawab leluasa menyebarkan virus hoax ini secara masif. Hal ini juga dilatarbelakangi dengan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk memahami dan  menganalisis informasi yang beredar di media sosial. Akibatnya, masih banyak pengguna medsos yang dengan mudah membagikan laman berita yang belum tentu benar.

Sebagai pembaca dan warga negara Indonesia yang baik, sudah seharusnya kita juga berperan aktif dalam memerangi berita hoax. Jangan mudah percaya dengan kebenaran suatu berita. Berikut adalah beberapa langkah mudah memerangi berita hoax di internet.

1. Cek URL Situsnya
URL sebuah situs sangatlah penting. Lembaga resmi tidak akan memakai layanan blog gratisan. Biasanya mereka mempergunakan URL khusus yang menunjukkan kredibilitasnya. Namun, kita juga harus jeli karena saat ini banyak situs abal-abal yang memakai nama mirip-mirip dengan situs media resmi.

2.  Baca Dan Pahami Baik-Baik Isi Berita
Setiap kali  membuka situs tertentu, pastikan untuk selalu membaca seluruh isi artikel. Jangan terkecoh dengan judulnya saja, sebab saat ini banyak penyebar hoax yang mencantumkan judul yang bombastis dan menarik, hanya untuk meningkatkan jumlah pembaca demi mendapatkan keuntungan pribadi. Sebaiknya, pakailah hati nurani dan tanyalah pada diri sendiri apakah kira-kira berita tersebut layak untuk dibaca dan disebarkan atau tidak.

3. Lakukan Kroscek
Jangan malas melakukan kroscek dengan membandingkan berita tertentu yang beredar di medsos dengan media-media yang kredibel, termasuk media resmi milik pemerintah. Berita hoax cenderung bernada provokatif dan kontroversial. Tujuannya jelas, supaya beritanya menjadi viral dan mereka meraup keuntungan.

4. Laporkan Ke Pihak Berwenang
Jika kita sudah melakukan ketiga cara di atas namun masih kurang yakin dengan kebenaran sebuah berita, ada baiknya untuk melaporkannya ke pihak berwenang. Ada beberapa cara yang bisa lakukan terkait hal ini. Beberapa di antaranya adalah:

  • a) Memakai tombol bantuan yang ada di media sosial
    Beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google telah dilengkapi dengan fitur tombol bantuan untuk melaporkan berita berupa tulisan ataupun gambar. Kita bisa memilih alasan mengapa sebuah berita atau gambar dicurigai sebagai hoax.
  • b) Mengunjungi situs yang ditujukan untuk menganalisis kebenaran berita
    Beberapa situs tertentu telah dibuat dengan tujuan memerangi penyebaran  berita hoax. Salah satunya adalah www.hoaxanalyzer.com. Situs ini buatan anak negri yang berfungsi untuk membantu masyarakat melaporkan atau menganalisis sebuah berita yang dicurigai sebagai hoax. Untuk mengaksesnya, kita tak perlu men-download aplikasi tertentu pada smartphone karena pada dasarnya alat analisis ini bekerja berbasis web. Tak hanya kalimat, situs ini juga mampu menganilisis kesahihan gambar atau foto. Selain hoaxanalyzer, kita bisa men-download aplikasi Turn Back Hoax, sebuah ekstensi yang bisa dipasang pada peramban Chrome untuk desktop. Versi mobile-nya sedang dipersiapkan.
  • c) Melapor ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo)
    Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah, Kementerian Kominfo juga menyediakan jalur aduan khusus untuk memfasilitasi masyarakat memerangi berita hoax. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengakses www.kominfo.go.id, atau langsung ke situs aduan di aduankonten.go.id. Sistem aduan ini berbasis ticketing, di mana setiap aduan konten akan mendapatkan nomor tiket. Dari situ, kita bisa memantau proses aduan kita secara transparan. Prosesnya ada tiga tahap yakni pelaporan, verifikasi dan persetujuan. Untuk saat ini, sistem aduan ini masih berbasiskan web, dan sedang dikembangkan versi mobile-nya. 

COMMENTS

Name

bulutangkis,2,Feature,2,Galeri,3,Hot,15,Hukum,3,INTERNASIONAL,26,Jelajah,6,Karir,1,Kesehatan,15,Life Style,16,NASIONAL,18,NEWS,19,Olahraga,15,Relationship,1,Sepakbola,3,Teknologi,20,
ltr
item
Pesan Dunia: Hoax? No Way! Berikut Cara Mudah Perangi Berita Hoax
Hoax? No Way! Berikut Cara Mudah Perangi Berita Hoax
Sebagai pembaca dan warga negara Indonesia yang baik, sudah seharusnya kita juga berperan aktif dalam memerangi berita hoax.
https://2.bp.blogspot.com/-8y8nLyCF1B0/WbJteIbyyfI/AAAAAAAAAtc/ja2ziSXkpH4uTatEaskxTO0ZnQ8clLEggCLcBGAs/s640/hoax-warning-2017-7-1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-8y8nLyCF1B0/WbJteIbyyfI/AAAAAAAAAtc/ja2ziSXkpH4uTatEaskxTO0ZnQ8clLEggCLcBGAs/s72-c/hoax-warning-2017-7-1.jpg
Pesan Dunia
http://www.pesandunia.com/2017/09/hoax-no-way-berikut-cara-mudah-perangi.html
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/2017/09/hoax-no-way-berikut-cara-mudah-perangi.html
true
2704514124821740540
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy