Keren dengan Narkoba? NO WAY!

Saatnya Kita Say NO to Narkoba



PesanDunia - Kita tentu sudah paham familiar dengan narkoba, yaitu singakatan dari narkotika dan obat berbahaya. Selain Narkoba, ada juga istilah NAPZA yakni narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Keduanya mengacu pada sekelompok zat yang berisiko membuat pemakainya kecanduan. Karena itulah, penggunaannya harus diawasi. Dalam dunia medis, pemakaian narkoba memang diperbolehkan. Terutama untuk keperluan anstesi pasien atau pengobatan pada penyakit tertentu. Namun fakta yang terjadi dewasa ini, narkoba sering kali disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang nekat menyalahgunakan narkoba ini. Beberapa di antaranya ingin disebut keren, macho, gaul, dan diterima oleh lingkungan sosialnya. Namun, adakah mereka menyadari bahaya di balik kenikmatan sesaat ini? 

Menurut catatan BNN (Badan Narkotika Nasional), efek mengonsumsi narkoba memang bisa membuat tubuh merasa rileks dan sejenak lupa akan masalah hidup. Namun, efek kecanduan yang mengancam akan membuat mereka merasa ketagihan (sakau) dan sulit lepas dari jeratannya. Kondisi ini membuat perasaan sangat tidak nyaman dan tubuh merespon dengan mengirim sinyal sakit yang sangat menyiksa.

Dampak negatif dari penggunaan narkoba ini luas, tergantung pada jenis narkoba yang dikonsumsi. Namun secara umum, efek yang dirasa adalah gangguan sistem syaraf, sakit kepala, mual, demam, insomnia, gangguan fungsi reproduksi, gangguan kulit, hingga gangguan pada fungsi jantung dan pembuluh darah. Tak hanya itu, paru-paru pun terancam sehingga berisiko terkena sesak napas atau pengerasan jaringan. Bagi mereka yang menggunakan jarum suntik secara bersamaan, juga berisiko tertular HIV. Paling buruk, pengguna bisa meninggal dunia.

Dari segi psikis, pecandu narkoba sering kali menunjukkan perilaku tak wajar, gelisah, depresi, brutal, agresif dan emosional, kurang percaya diri, hingga cenderung menyakiti diri sendiri. Mereka juga cenderung antisosial, menutup diri dan malas.

Nah, dari sederetan fakta penting di atas, masih maukah kita bersentuhan dengan narkoba? Mau dibilang keren dan gaul demi kenikmatan sesaat yang bisa membawa kita ke jurang maut?

Hidup ini pilihan. Dan kitalah penentunya. Saatnya generasi muda Indonesa bergerak, berkarya dan memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara. #CegahNarkoba LET'S SAY NO TO NARKOBA! 

COMMENTS

Name

bulutangkis,2,Feature,2,Galeri,3,Hot,15,Hukum,3,INTERNASIONAL,26,Jelajah,6,Karir,1,Kesehatan,15,Life Style,16,NASIONAL,18,NEWS,19,Olahraga,15,Relationship,1,Sepakbola,3,Teknologi,20,
ltr
item
Pesan Dunia: Keren dengan Narkoba? NO WAY!
Keren dengan Narkoba? NO WAY!
Saatnya Kita Say NO to Narkoba
https://2.bp.blogspot.com/-pVwkUpH1lh8/WeCErR6f6OI/AAAAAAAAAxU/O2XvpMGMTXc_aEnO-lfZgFpZhOxQx4-oQCLcBGAs/s640/say%2Bno%2Bto%2Bdrug.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-pVwkUpH1lh8/WeCErR6f6OI/AAAAAAAAAxU/O2XvpMGMTXc_aEnO-lfZgFpZhOxQx4-oQCLcBGAs/s72-c/say%2Bno%2Bto%2Bdrug.jpg
Pesan Dunia
http://www.pesandunia.com/2017/10/keren-tanpa-narkoba.html
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/2017/10/keren-tanpa-narkoba.html
true
2704514124821740540
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy