Bersama #PeduliKitaPeduliTBC

PesanDunia - Peringatan hari Tuberculosis (TBC) sedunia, sepertinya memang tepat menjadi moment untuk kampanye #PeduliKitaPeduliTBC. Kamp...


PesanDunia- Peringatan hari Tuberculosis (TBC) sedunia, sepertinya memang tepat menjadi moment untuk kampanye #PeduliKitaPeduliTBC. Kampanye hasil inisiatif dari U.S. Agency for International Development (USAID), Forum Stop TBC Partnership Indonesia (FSTPI) dengan para pemerhati TBC ini mengajak masyarakat untuk peduli sesama.

Pesan kepedulian ini untuk mengedukasi masyarakat bahwa TBC ini bisa disembuhkan, juga menyadarkan masyarakat akan pentingnya memerikasan kesehatan.
Gerakan ini sebelumnya telah dimulai dari bulan Januari 2018. Dengan mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih peduli TBC dan lingkungan sekitar guna mewujudkan Indonesia Bebas TBC.

Seperti pada kampanye kali ini, tepat di hari minggu (25/3) lalu, kampanye ini digelar bersamaan dengan moment Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Pada kesempatan tersebut, masyarakat diajak untuk menyampaikan pesan kepedulian mereka dengan berbagai cara yang bisa dipilih, diantaranya menuliskan pada ikon kampanye yang didesain khusus, berfoto di mural art work atau memakai masker yang didesain oleh Tutugraff, acara ini sendiri dihadiri berbagai narasumber seperti Dr. Erlina, ibu Ully ulwiyah, Erlangga, Vino G. Bastian, dan Reza Rahardian, mereka memberikan cerita masing - masing tentang penyakit TBC.

Perlu diketahui, Tuberculosis atau TBC di Indonesia paling banyak menyebabkan kematian dan merupakan ancaman yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Fakta di tahun 2016 terdapat 274 kasus kematian dalam sehari yang disebabkan oleh penyakit TB ini. Dengan hasil catatan ini terdapat satu juta lebih penderita TBC di Indonesia, hal ini membuat Indonesia menempati negara terbesar nomor dua kasus TBC di dunia setelah India.

            Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Ditemukan pertama kali di tahun 1882 oleh Robert Koch. Namun, hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia. Penularan TBC umumnya terjadi melalui udara, penyebarannya sendiri terjadi ketika seseorang yang telah pengidap penyakit TBC batuk, bersin, atau berbicara dengan memercikan ludah, bakteri TBC akan ikut melalui ludah tersebut untuk terbang ke udara. Selanjutnya, bakteri tersebut akan masuk ke tubuh orang lain melalui udara yang dihirup.

            Penyakit TBC ini sebenarnya bisa disembuhkan namun dengan usaha yang keras dan tidak mudah, penderita diharuskan meminum obat dari dokter tanpa henti dan disuntik setiap hari untuk dapat sembuh. Kisah Ully Ulwiyah bisa menjadi contoh bagi para penderita penyakit TBC, beliau menceritakan perjuangannya melawan kuman Tuberculosis. Kuman itu menyerang tubuh Ully saat beliau masih berusia 10 tahun, beliau tidak menyadari bahwa batuk -  batuk yang dideritanya disebabkan oleh kuman TBC. Ully harus minum obat selama 6 bulan, setengah tahun bukan waktu yang sebentar untuk menghabiskan obat yang diberikan dokter, Ully juga harus bertahan dengan suntikan yang diberikan oleh dokter selama 2 bulan. Namun berkat dukungan dari keluarga dan keinginan untuk sembuh, akhirnya Ully dapat sembuh dari penyakit TBC.


            TBC merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dalam waktu 6 hingga 9 bulan sesuai obat yang diberikan dokter.
: Berikut tanda tanda TBC yang wajib anda ketahui:
-Batuk tak kunjung sembuh dalam kurun waktu 2 minggu (Biasanya dahak akan keluar dengan warna bebeda karena tercampur darah)
-penurunan berat badan
-panas dingin
-kehilangan nafsu makan
-keluarnya keringat dalam jumlah banyak pada malam hari
-kelelahan


Berikut adalah macam macam jenis TBC yang perlu anda ketahui juga:

1.  Tuberculosis Lymphadenitis
     Penyakit Tuberculosis kelenjar atau Lymphadenithis adalah penyakit Tuberculosis pada kelenjar getah bening yang berada disekitar leher, mulut, dan sekitar mata. Biasanya penyakit TBC ini akan menyerang tempat terdekat paru – paru yaitu getah bening yang ada di leher. Gejalanya adalah timbul benjolan dileher dan menyebabkan implikasi sinus pengeringan atau pengeringan rongga udara.

2.  Tuberculosis Tulang
     Tulang belakang merupakan tempat terdekat penyerangan kuman Macrobacterium Tuberculosis. Gejala dari TBC jenis ini adalah rasa pegal – pegal pada sendi dan tulang, daerah disekitar tulang akan berwarna lebam dan akan menyebabkan kelumpuhan.

3.     Tuberculosis Paru – paru
Merupakan awal mula tempat penyakit TBC berkembang biak dan tertular. Gejalanya merupakan batuk berdahak lebih dari 2 minggu, berkeringat pada malam hari tanpa melakukan aktifitas fisik, nafsu makan yang menurun, sesak nafas dan nyeri disertai batuk berdahak.

4.     Tuberculosis Miningitis
Adalah infeksi kuman Mycobacterium Tuberculosis pada otak dan sumsum tulang belakang. Gejalanya adalah leher sering kaku, sakit kepala, muntah, kejang sampai koma. Penyakit TBC ini juga menyebabkan terjadinya perubahan mental sampai perilaku sehingga penyembabkan penderita menjadi mudah marah dan gelisah.

5.  Tuberculosis Gastrointestinal.
Adalah penyakit TBC yang menyerang saluran pencernaan. Semua sistem pencernaan tubuh penderita diserang, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, sampai anus. Gejala dari penyakit TBC ini adalah nyeri perut, mual, muntah, turunnya berat badan sampai berubahnya jam efektif buang air besar.

6.     Tuberculosis Custaneous
Adalah serangan kuman Mycobactrium Tuberculosis pada selaput lendir kulit. Ada 3 jenis penyakit pada TBC kulit yaitu Vulgaris Lupus, Verrucusa Cutis dan Milary. Gejala dari penyakit TBC ini adalah timbulnya jenis ruam dan kutil di wajah, pada Vulgaris Lupus  bagian tubuh mengeluarkan nanah, untuk Verrucosa Cutis muncul kutil pada daerah dada, pada Milary muncul kutil pada perut sampai punggung.

7.     Tuberculosis Osteo
Adalah penyakit TBC yang menyerang bagian persendian. Gejalanya adalah nyeri dan kaku pada sendi.

8.     Tuberculosis Urogenital
Pada TBC ini kuman menyerang saluran kemih dan sistem reproduksi. Gejalanya adalah adanya darah pada urin dan rasa tidak nyaman saat buang air kecil disertai nyeri pada kandung kemih dan ginjal.


Untuk mencegah penularan TBC hendaknya selalu memakai masker, menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga agar daya tahan tubuhnya agar tetap baik. Keluarga maupun masyarakat yang mengucilkan penderita penyakit TBC justru akan menghambat proses penyembuhanya. Dukungan keluarga sangat penting untuk mengingatkan pasien untuk patuh dan minum obat sampai tuntas sehingga dapat sembuh dari TBC dan tidak menularkan ke orang lain.

COMMENTS

Name

bulutangkis,2,Feature,2,Galeri,3,Hot,15,Hukum,3,INTERNASIONAL,27,Jelajah,6,Karir,1,Kesehatan,16,Life Style,19,NASIONAL,20,NEWS,19,Olahraga,15,Relationship,1,Sepakbola,3,Teknologi,21,
ltr
item
Pesan Dunia: Bersama #PeduliKitaPeduliTBC
Bersama #PeduliKitaPeduliTBC
https://1.bp.blogspot.com/-5JHv47F_xl8/WrxDzs2itUI/AAAAAAAAA4o/IuUAjITNmfUg0Y_-kJL0Dj_u1goEJbFywCLcBGAs/s640/tbc.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5JHv47F_xl8/WrxDzs2itUI/AAAAAAAAA4o/IuUAjITNmfUg0Y_-kJL0Dj_u1goEJbFywCLcBGAs/s72-c/tbc.jpg
Pesan Dunia
http://www.pesandunia.com/2018/03/bersama-kita-pedulikitapedulitbc.html
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/2018/03/bersama-kita-pedulikitapedulitbc.html
true
2704514124821740540
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy