Bersatu Menjaga NKRI Dari Hoax

Polda Metro Jaya menyatakan, pihaknya mengajak semua netizen dan konten kreator bersama-sama membuat konten yang positif di sosial media untuk memerangi penyebaran berita ujaran kebencian dan hoax.



Rabu 9 mei 2018, Polda Metro Jaya menggelar acara coffe morning bersama netizen di Gedung Promoter Jakarta Pusat. Mereka mengajak semua netizen yang aktif di sosial media bersama-sama menyebarkan berita yang baik, berkonten positif, dan menyampaikan pesan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Irjen Pol Idham Aziz selaku Kapolda Metro Jaya mengajak semua netizen yang aktif di dunia maya, bersama-sama untuk menyebarkan #SebarkanBeritaBaik,  #HargaiPerbedaan, dan “Bersatu dalam menjaga NKRI”.

Polda Metro Jaya menyatakan, pihaknya mengajak semua netizen dan konten kreator bersama-sama membuat konten yang positif di sosial media untuk memerangi penyebaran berita ujaran kebencian dan hoax.

Polda Metro Jaya akan mengadakan perlombaan yang bertema Citizen Journalism And Social Media Competition. Diajang ini para blogger diajak membuat konten positif sesuai dengan tema. Para vlogger membuat video positif di youtube. Dan untuk para netizen diminta untuk membuat konten kreatif berupa meme, foto atau video.

Lomba ini akan dibuka pada tanggal 22 juni 2018 sampai 1 juli 2018. Tiap tema peserta di wajibkan mengirimkan biodata dan tautan link ke : humas.pmj@gmail.com.

Apa sih dampak dari berita Hoax bagi kita?

Perlu kalian ketahui, jika pelaku penyebar berita bohong yang mengandung suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) lebih berbahaya dibandingkan dengan orang sakit jiwa. Pasalnya akibat dari penyebaran berita palsu atau hoax dapat menimbulkan efek yang lebig besar kepada masyarakat karna dapat memprovokasi orang lain untuk menyebarkan berita tersebut secara luas.

Hoax memberikan dampak negatif bagi siapa saja karena kontennya yang bersifat hasut dan fitnah. Hoax akan menargetkan masyarakat dan menimbulkan opini negatif sehingga terjadi perpecahan.

Hoax juga dapat menimbulkan provokasi dan agitasi negatif, maksudnya menyulut kemarahan, kebencian, hasutan kepada banyak orang. Hoax juga merupakan propaganda negatif, dimana sebuah upaya yang disengaja dan sistematis untuk mempengaruhi alam pikiran dan perilaku agar memberikan respon sesuai dengan yang dikehendakinya.

Bagaimana caranya agar kita terhindar dari berita Hoax?

Kita sebagai pembaca yang bijaksana dan juga aktif di media sosial tentunya sering mendapati isu dan berita-berita yang sifatnya meragukan atau kurang dipercayai. Apa lagi sekarang Indonesia sedang memasuki periode pilkada serentak dan pemilihan presiden pun sudah di depan mata. Dampaknya media sosial turut diramaikan oleh isu-isu dan berita politik.

Sudah tidak lagi menjadi rahasia umum untuk kalangan orang-orang politik turut memakai pasukan media sosial alias buzzer. Baik untuk media promosi calon kepala daerah, sampai menyebarkan informasi yang provokatif untuk merugikan saingan mereka.

Agar tidak terjebak oleh isu-isu provokatif dan berita hoax  di media sosial, ada baiknya kita belajar mengenali akun-akun mereka supaya tidak gampang digiring oleh isu yang menyebar.

Jadi bagaimana mengenali konten-konten berita hoax dan provokatif?
Di Indonesia banyak sekali situs berita, ada yang memberikan berita yang positif dan ada juga yang negatif. Ada pula yang objektif, tapi ada juga yang asal buat situs berita untuk kepentingan tertentu.

Bila melihat judul berita yang provokatif, jangan langsung percaya, cobalah untuk memeriksa lebih dahulu ke media yang lain. Jangan sampai tertipu apa lagi mengikuti menyebarkan berita hoax dari akun mereka.

Akun provokatif sering kali tidak jauh dengan yang namanya buzzer yang mendukung atau menyerang saingan dari pasangan politik yang didukungnya.

Untuk membedakan akun buzzer dengan yang lain adalah lewat objektifitas mereka. Akun buzzer tentunnya selalu menyerang tokoh tertentu. Apapun yang dilakukan oleh sang tokoh pasti akan diserang habis-habisan seperti menjelek-jelekanya atau menyebar isu negatif.

Bila kita melihat akun buzzer seperti itu abaikan saja. Atau laporkan kepada pihak sosial media yang digunakan. Sebenarnya mereka hanya bekerja sesuai pesanan orang yang berkepentingan.

Sering kali para buzzer membahas isu-isu itu saja. Isu yang sering dipakai mereka biasanya adalah masalah agama, ras dan sara. Mereka tidak segan membalikan fakta tentang isu-isu tersebut untuk melakukan ujaran kebencian di media sosial untuk kepentingan tertentu.

Amat sangat disayangkan bila pengguna media sosial menjadi berkelahi atau saling mencaci maki akibat isu-isu yang disebarkan akun-akun provokatif.

Apa bila menemukan status di media sosial seperti Facebook yang bersifat sara atau hoax. Hendaknya melaporkan postingan tersebut kepada pihak Facebook. Selanjutnya kalian bisa mengscreenshot postingan dan mengcopy tautannya, lalu melaporkan kepada pihak berwajib melalui situs resmi cybercrime@polri.go.id .

#SebarkanBeritaBaik
#HargaiPerbedaan

COMMENTS

Name

Bisnis,3,bulutangkis,2,Feature,2,Galeri,3,Hot,16,Hukum,3,INTERNASIONAL,27,Jelajah,6,Karir,1,Kesehatan,16,Life Style,24,NASIONAL,22,NEWS,20,Olahraga,15,Relationship,1,Sepakbola,3,Teknologi,23,
ltr
item
Pesan Dunia: Bersatu Menjaga NKRI Dari Hoax
Bersatu Menjaga NKRI Dari Hoax
Polda Metro Jaya menyatakan, pihaknya mengajak semua netizen dan konten kreator bersama-sama membuat konten yang positif di sosial media untuk memerangi penyebaran berita ujaran kebencian dan hoax.
https://1.bp.blogspot.com/-Q-PGeVyjiYc/WvWRhP_7BrI/AAAAAAAAA8s/2uRociOmMdwRfrGuh89ohaxt47bsGK0AwCLcBGAs/s640/WhatsApp%2BImage%2B2018-05-11%2Bat%2B19.31.13.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-Q-PGeVyjiYc/WvWRhP_7BrI/AAAAAAAAA8s/2uRociOmMdwRfrGuh89ohaxt47bsGK0AwCLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2018-05-11%2Bat%2B19.31.13.jpeg
Pesan Dunia
https://www.pesandunia.com/2018/05/bersatu-menjaga-nkri-dari-hoax.html
https://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/
http://www.pesandunia.com/2018/05/bersatu-menjaga-nkri-dari-hoax.html
true
2704514124821740540
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy